13 Agustus 2009

Kisah Sedih di Hari Selasa

Korban, “ Eh, gw lagi ada masalah ni, bla……bla........bla…….bla,…bla….”
Tersangka, “ Udah deh lupain aja, cuma masalah kaya gitu, ntar juga selese.”
Korban, “ Iya juga sih, makasih ya.”
( dalam hati Korban, “ Wah, %#!*&?~$%#^*&^>:*#<, ngomong dilupainnya enak banget, gw dari tadi mikirin ni masalah ampe pusing, eh lw bilang dilupain aja, trus bilang “cuma” lagi, kasih saran napa, ntar juga selese mbuahmu, gw cemplungin ke laut lw biar dimakan ubur-ubur).

Percakapan di atas mewakili sebagian besar orang Indonesia kalo diajak curhat.

Selasa kelabu,
Ngga’ seperti biasanya pagi ini, gw sedih, hihihihi, <-sad expression laugh.
Masalahnya apa ya, hmmm, not kind of public consumption.
Langit berwarna kelabu, sekelabu hati gw, hihihi. Seperti hari Selasa biasanya, sebagai anak harapan bangsa, gw ada kuliah Hukum Perdata jam 8. Dan seperti biasanya juga, gw berangkat ke kampus tercinta stan yang megah dengan males-malesan dan duduk di deretan belakang. Dosen Hukum Perdata gw itu mukanya sadis kaya Tuan Takur di pelm-pelm India jaman bahuela, tapi meskipun gitu, suaranya kalo ngajar bikin mata kita melek merem. Nah daripada ngantuk biasanya kalo kuliah hukum, gw selalu melakukan hal-hal haram, kaya baca buku ga jelas, online, chatting lewat mulut, deelel. Kemaren waktu kuliah tu hukum, gw iseng-iseng buka blognya temennya Rifky, blognya kocak parah, di situ ada sebuah posting yang menarik buat gw, judulnya Iklan Close Up. Pokoknya isinya tentang jingle’nya yang kira-kira kaya gini.

Aauuuuuuuuuuuuu…….
What you do to me……..
Aauuuuuuuuuuuuu…….
What you do to me…….

Aah, itu lagu kan udah gw cari sejak jaman dahulu kala dan ngga’ dapet-dapet. Segala cara udah gw coba, mulai nanya ke si Mbah, Yahoo answer, sampai jurus paling ampuh gw kalo nyari lagu, Track ID, dan hasilnya 0. <--ini nolnya gedhe lho.
Banyak orang sotoy yang bilang itu lagunya Coldplay, emang sih falsetonya (au..au’nya) mirip ama suaranya Chris Martin, tapi kalo denger verse’nya, hmmm, suaranya beda banget. Di situ gw dapet link downloadnya , kalo mau download klik aja di sini. Berhubung waktu itu gw ngga’ bawa laptop gw minta aja Syamsudini bwt downloadin, secara dia lagi ol. Beruntungnya gw ngga’ bawa flashdisk, untung di situ ada Hengky, si penggemar berat kakak gw, mbak Sawajiri Erika, yang mau minjemin fd’nya. Dari Dini gw ngopy tu lagu ama subtitle Gokusen, soalnya minggu kemaren dia ngasih gw tu J-dorama tanpa subtitle, jadi berasa orang Papua yang diajak ngomong ama orang Zimbabwe waktu gw nonton, dan dari Hengky gw dapet Ice Age 3.

Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu tiba, waktunya pulang, dan gw sama sekali ngga’ nangkep satupun dari yang dikatain Pak Dosen tadi, maafkan saya Tuan Takur! Hari ini gw cuma ada kuliah 2 SKS hukum dhoank, stan emang paling wolay dah soal jadwal kuliah. Nah, waktu di deket lobi gedung D, si jelek Tiwi melambai-lambaikan kertas berwarna abu-abu.

Tiwi, “ Gw punya dhonk.”
Gw, “ Apaan tu?”
Tiwi ngasih tu kertas ke gw. Di situ ada gambar pangeran Antasari dan angka 2000 di pojokan.
Gw, “ Jah, ini kan dhuwit 2000-an yang baru, dapet darimana lw.” ← dengan mata berbinar-binar, kampungnya keluar deh, hehe.
Tiwi, “ ada dah.”

Dari situ gw punya cita-cita baru yang mulia. “Gw pengen muka gw dipajang di dhuwit kertas.” Kalo Pangeran Antasari yang orang jaman dulu aja harganya 2000, gw harus bisa 200 ribu, siiiiip.

Nyampe kost, langsung gw babat dah Ice Age 3. Filmnya lucuuuu parah. Karakter favorit gw yang paling keren, Scratch, dengan sadisnya lebih tetep setia dengan buah kenarinya daripada seekor wanita tupai, hihi. Abis gw ketawa-ketawa nonton Ice Age, dengan ajaibnya tiba-tiba langitnya udah nggak mendung lagi, matahari bersinar terang. Waaaah,jangan-jangan gw bisa mengendalikan cuaca ni, besok kalo lagi males kuliah gw nangis sambil teriak-teriak aja dah, biar hujan badai dan banyak petir. Trus ntar kalo ditanyain ma dosen, “ Kemaren hujan petir pak, saya takut kena petir, jadi ngga’ masuk.” alasan yang cukup bagus,siiip.

Abis nonton Ice Age, gw bengong aja. Wah, harus mencari kesibukan ni, ntar gw bisa sedih lagi kalo bengong trus. Baca buku, males, kebanyakan stok e book jadi bingung mau baca apa, maen, mau maen apa, hmmmm. Akhirnya gw putusin untuk nonton, gw buka 21cineplex.com, liat beberapa film. Kandidatnya kalo ngga’ GI JOE ya UP. Akhirnya setelah rapat anggota pemegang saham, gw putusin buat nonton GI JOE di Blok M. Kenapa di Blok M? Soalnya di Blok M itu dari parkiran naik lift langsung nyampe 21, di BP filmnya sampah semua, horoooor semua, kalo di PIM dari parkiran ke 21 jauuh, males.

01.35 pm, gw cabut dari kost menuju Blok M Plaza, berhubung gw anak baik dan budiman kendaraan cuma gw pacu dengan kecepatan 30-40 km/h, biar ngga’ nabrak orang. ← macet.
Nyampe di Blok M jam 14.10, 21 suepi rek, langsung beli tiket ama mbak-mbaknya. Setelah nunggu 15 menitan pintu teater 1 pun dibuka, gw dapat seat di F7, lumayan belakang sih. Di samping kanan gw ada mbak-mbak yang juga nonton sendiri, trus di samping kiri ada mas-mas botak yang nonton ama istrinya.
Saat film diputer,
Sniff….
Sniff….
Kok ada bau aneh gitu ya,.campuran bau trasi, jengkol, keringat, dan kotoran ayam digabung jadi 1.
Setelah gw telusuri tu bau, aiih, ternyata bau badan mas-mas di samping gw, aaarrrrgh, ngga’ ngenak-enakin orang nonton aja. Alhasil selama 1 jam lebih gw duduknya agak ke kanan gitu, mas-mas yang menyebalkan. Filmnya sendiri lumayan sih, cuman ada beberapa efek visual yang ngga’ rapi, berasa nonton film jadul. Tapi at all keren lah.

04.30 pm, akhirnya gw balik ke kostan, di jalan gw berpikir keras, kira-kira kegiatan apa ya yang ntar gw lakuin di kost. Trrrriiiing, seperti dapet wangsit, gw teringat gitar butut gw yang udah disekap di kostannya si Irfan selama seminggu. Sebelum ke kost gw mampir dulu beli senar gitar, 1 set 25 riben, dapet 8 senar. Setelah beli senar gw mampir di kostan si Irfan dan membebaskan gitar gw dari tirani si Irfan.

Nyampe kost langsung gw lucuti semua senar nilon lama gw yang ngambek dan udah ngga’ mau ngeluarin suara lagi dan gw ganti ama senar string baru.
Jreeeeng,…jreeeeng….. suaranya semriwing dah,… jadi semangat ni pamer suara gw yang fals, hihi. Pokoknya malem itu gw genjrang-genjrong-genjreng aja, lagunya sedapetnya, ngasal, gw ngga’ peduli orang di kamar sebelah gw besoknya ke dokter THT karena dengerin suara gw. Jam 09.55 pm, badan udah mulai capek, mulut pegel-pegel, dan akhirnya gw tertidurrr juga. Nikmatnya tidur jam segitu, setelah 3 hari tidur di atas jam 2. Dan waktu gw bangun tidur gw udah lupa tuh masalah yang bikin gw sedih.

Trus di mana cerita sedihnya?
Hihi sebenernya ngga’ ada, gw cuma mau nunjukin bahwa kita jangan bersedih berlarut-larut, seperti kata-kata andalan om-om yang ngarang buku La Tahzan, “ Jangan bersedih.” Tapi menurut gw sih sekali-kali boleh lah bersedih, biar kita tau bagaimana rasanya senang. Pernah dulu waktu gw masih muda, ada yang bilang kalo hidup adalah pilihan, sedih atau bahagia kita yang menentukan., yap that’s absolutely right.

Berikut beberapa tips-tips menanggulangi kesedihan :
1. Jangan bunuh diri.
2. Jangan menyiksa diri, misalnya aja ngga’ makan, ngga’ minum, apalagi ngga’ napas, bahaya dah.
3. Jangan melampiaskannya dengan melakukan hal-hal negatif, kaya minum air keramat, menculik orang, bikin bom, nyopet, ngebakar kost-kostan, telanjang di muka umum, sungguh sangat tidak dianjurkan.
4. Menyibukkan diri dengan hal-hal positif, kaya nulis, baca buku, nonton, ngejahilin temen, ngamen, deelel.
5. Jangan diem aja, karena jarang dengan diem masalah bisa cepat selese, bicarakan masalah dengan orang yang bermasalah ama kita, biar masalahnya cepet selese, yang harus diperhatikan di sini, kita harus bicara pake mulut, jangan pake emosi, kalo perlu salah satu ngalah dah.

Sekian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: